TUGAS 5 MPPL : Manajemen Waktu dalam Proyek Perangkat Lunak Aplikasi CRM
Tugas 5
MPPL (B)
Manajemen waktu atau disebut juga Project time management adalah pengelolaan aktivitas atau proses-proses berdasarkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek, sesuai dengan waktu yang ditentukan. Aktivitas dan peralatan dalam proyek manajemen waktu didokumentasikan di dalam rencana manajemen jadwal. Rencana manajemen jadwal berada di dalam rencana manajemen proyek dan bisa berupa formal/nonformal, sangat detail/luas, berdasarkan kebutuhan proyek.
Proses-proses yang ada dalam Manajemen Waktu Proyek adalah :
- Definisi Aktivitas (activity): Mengidentifikasikan aktivitas spesifik anggota tim dan stakeholder harus menjalankan untuk menghasilkan apa yang dapat.
- Pengurutan Aktivitas (Activity sequencing): Mengidentifikasi dan mendokumentasikan relasi di antara aktivitas proyek.
- Estimasi sumberdaya aktivitas (Activity resource estimating): Estimasi berapa banyak sumberdaya tim proyek harus menggunakannya untuk melaksanakan aktivitas proyek.
- Estimasi durasi aktivitas (Activity duration estimating): Estimasi lamanya periode kerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan aktivitas individual.
- Pengembangan Jadwal (Schedule development): Menganalisa urutan aktivitas, estimasi sumberdaya aktivitas, dan estimasi durasi aktivitas untuk menciptakan jadwal proyek.
- Kendali Jadwal (Schedule control):Mengontrol dan memanaje perubahan jadwal proyek.
Kali ini, kita akan mengambil salah satu contoh aplikasi CRM yaitu Barantum untuk dibuatkan dokumen manajemen waktunya. Untuk dokumen lengkapnya bisa dilhat di bawah ini:
Comments
Post a Comment