TUGAS 3 PPB F : Aplikasi Birthday Greetings (implementasi composable text)

TUGAS 3

Aplikasi Birthday Greetings (implementasi composable text)

5025201003 - Rahmat Faris Akbar

PPB (F)

        Pada tugas kali ini, kita akan membuat aplikasi sederhana menggunakan jetpack compose yang menampilkan ucapan "Happy Birthday" menggunakan composable text.

Persiapan:

Sebelum memulai, kita perlu memastikan lingkungan pengembangan sudah siap dengan Android Studio yang terinstal dan mendukung Jetpack Compose. Selain itu, saya menggunakan Kotlin sebagai bahasa pemrograman utama karena Jetpack Compose dikembangkan dengan Kotlin.


Pengembangan Aplikasi

Proses pembuatan aplikasi dimulai dengan pembuatan proyek baru di Android Studio dan pemilihan template "Empty Compose Activity". Setelah itu, saya menambahkan beberapa elemen UI menggunakan Composable Functions yang disediakan oleh Jetpack Compose.


Tema Warna Merah

Untuk memberikan kesan yang hangat dan ceria, saya memilih tema warna merah sebagai palet warna utama aplikasi. Saya mendefinisikan tema warna merah ini dalam sebuah fungsi `RedTheme`, yang kemudian digunakan untuk mengelilingi konten utama aplikasi.


Halaman Ucapan

Inti dari aplikasi ini adalah halaman yang menampilkan ucapan "Happy Birthday Kamu!" dengan tampilan yang menarik. Saya menggunakan `Box` dan `Text` untuk menampilkan ucapan tersebut, dengan latar belakang gradien warna merah dan pink. Teks ini hanya ditampilkan setelah pengguna membuka "kado" dengan menekan tombol "Open Gift".


Gambar Kado

Untuk menambah interaksi, saya menambahkan gambar kado yang dapat "dibuka" dan "ditutup" oleh pengguna. Saya menggunakan dua gambar yang berbeda untuk menunjukkan kondisi kado terbuka dan tertutup, dengan penggunaan kondisional pada properti `painter` dari `Image`.


Tombol Aksi

Sebuah tombol ditempatkan di bawah gambar untuk mengontrol aksi membuka dan menutup kado. Perubahan teks pada tombol menyesuaikan dengan status kado, memberikan feedback langsung kepada pengguna.


Tampilan Aplikasi:







Repository Kode:

klik disini!

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS 1 PPB F : Aplikasi Profil Diri (Smartphone, Dekstop, Tablet, Smartwatch, TV)

TUGAS 7 PPB F : ViewModel and State in Compose

EVALUASI TENGAH SEMESTER PPB F